1. Tujuan
Menggunakan Blender Bouncing Ball Exercise untuk mengenal tool animasi yang disediakan oleh blender.
2. Alat
Blender 2.6+
3. Bahan
(tanpa bahan)
4. Dasar Teori
A. Bouncing ball dilihat dari sudut pandang 12 prinsip animasi
Contoh bola memantul(bouncing ball) tersebut merupakan kombinasi dari beberapa konsep animasi sekaligusdiantaranya
- Timing and Spacing
Timing berhubungan dengan durasi atau jumlah frame yang diperlukan oleh sebuah action. timing yang tepat akan membuat sebuah action tampil meyakinkan. berikut adalah penjelasan singkat tentang animasi yang menggunakan timing yang tepat versus animasi dengan timing yang kurang pas. - Arcs (lintasan gerak)
Arcs artinya lengkungan. secara umum, di dunia nyata, hampir tidak ada gerakan lurus atau diagonal sempurna. semuanya ada lengkungannya.
Pada kasus bouncing ball across screen, lintasannya akan membentuk lengkungan sebagai berikut
Sedangkan spacing berhubungan dengan kecepatan sebuah benda. apakah benda tersebut memiliki kecepatan konstan atau dipercepat atau diperlambat atau kombinasi dipercepat dan diperlambat.
berikut adalah variasi-variasi spacing dalam proses pembuatan animasi.
B. Blender Dope Sheet Editor
Blender dopesheet editor digunakan untuk melihat property apa saja yang terpengaruh oleh sebuah keyframe.
C. Blender Graph Editor
Graph editor merupakan editor untuk memanipulasi spacing antar keyframe. Digunakan untuk mengimplementasikan ease in, ease out, dan constant movement.
D. Motion Paths
Motion path merupakan menu untuk menvisualkan kalkulasi gerakan yang dilakukan oleh blender. Salah satu kegunaan alat ini adalah untuk mengecek arcs dari sebuah gerak animasi.
5. Petunjuk Praktikum
- Gunakan Dope sheet editor untuk mengatur timing
- Gunakan Graph editor untuk mengatur spacing
- Gunakan Motion path untuk mengevaluasi arcs dan spacing
6. Latihan Praktikum
Lakukanlah latihan bertingkat berikut ini:
- Buatlah bouncing ball dengan gerakan vertical saja (vertical only/bounce in place/mantul di tempat)
Tirukan gerakan dari bowling ball berikut ini. Jika sudah mampu, lanjutkan ke soccer ball jika ada waktu sisa praktikum.
- Buatlah bouncing ball dengan gerakan across the screen (melintasi layar)
- Buatlah bouncing ball across the screen dengan tambahan squash and stretch (penyet)
7. Hasil Praktikum yang diharapkan
Buat video reel dari hasil kerja yang telah dikerjakan apapun hasilnya, sejelek apapun.
8. Kesimpulan yang diharapkan
Mahasiswa dapat membuat kesimpulan dalam bentuk ringkasan pengalaman yang diperoleh dari praktikum ini
9. Referensi
http://www.mohhasbias.com/praktikum-3-animasi-2d/
http://misscaptainalex.wordpress.com/animation/51-animation-exercises/
http://hiwulan.blogspot.com/2014/09/praktikum-2-bouncing-ball-with-slow-in.html
http://www.theanimatorssurvivalkit.com/volumes_1_4.html
http://www.angryanimator.com/word/2010/11/26/animation-tutorial-1-bouncing-ball/
http://www.brendanbody.co.uk/bb_lecture/page3.html
Blender dopesheet editor
Blender graph editor
Belnder motion path