1. Tujuan
Mengenal bentuk lain pembuatan animasi. Yaitu pembuatan animasi menggunakan programming.
2. Alat
Adobe Flash Professional CS3+
(diuji di Flash CC)
3. Bahan
Flint Particle Engine
Download file tersebut kemudian extract. Ambil file “Flint2d_4.0.1.swc”
4. Dasar Teori
Membuat animasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menggunakan programming. Salah satu bentuk programming untuk membuat animasi adalah Particle System.
5. Tugas Praktikum
- Lakukan petunjuk praktikum yang diberikan
- Ubah posisi dari animasi tersebut
- Ubah warna dari animasi tersebut
- Ubah radius dari animasi tersebut
- Ubah posisi animasi tersebut setiap kali muncul
6. Petunjuk Praktikum
- Buat project ActionScript 3
- Buka action window dengan menekan tombol “actions” pada panel di sebelah kanan
- Salin kode berikut pada “actions” window
import org.flintparticles.common.actions.*; import org.flintparticles.common.counters.*; import org.flintparticles.common.displayObjects.Dot; import org.flintparticles.common.easing.Quadratic; import org.flintparticles.common.events.EmitterEvent; import org.flintparticles.common.initializers.*; import org.flintparticles.twoD.actions.*; import org.flintparticles.twoD.emitters.Emitter2D; import org.flintparticles.twoD.initializers.*; import org.flintparticles.twoD.renderers.*; import org.flintparticles.twoD.zones.*; var emitter:Emitter2D = new Emitter2D(); emitter.counter = new Blast( 700 ); emitter.addInitializer( new SharedImage( new Dot( 2 ) ) ); emitter.addInitializer( new ColorInit( 0xFFFFFF00, 0xFFFF6600 ) ); emitter.addInitializer( new Velocity( new DiscZone( new Point( 0, 0 ), 200, 120 ) ) ); emitter.addInitializer( new Lifetime( 5 ) ); emitter.addAction( new Age( Quadratic.easeIn ) ); emitter.addAction( new Move() ); emitter.addAction( new Fade() ); emitter.addAction( new Accelerate( 0, 50 ) ); emitter.addAction( new LinearDrag( 0.5 ) ); emitter.addEventListener( EmitterEvent.EMITTER_EMPTY, restart, false, 0, true ); var renderer:BitmapRenderer = new BitmapRenderer( new Rectangle( 0, 0, 500, 400 ) ); renderer.addFilter( new BlurFilter( 2, 2, 1 ) ); renderer.addFilter( new ColorMatrixFilter( [ 1,0,0,0,0,0,1,0,0,0,0,0,1,0,0,0,0,0,0.95,0 ] ) ); renderer.addEmitter( emitter ); addChild( renderer ); emitter.x = 250; emitter.y = 150; emitter.start(); function restart( ev:EmitterEvent ):void { Emitter2D( ev.target ).start(); }
- Sehingga “actions” window berisi kode seperti berikut
-
Tekan “OK” kemudian jalankan movie-nya (Test Movie, Ctrl + Enter)