Tujuan
Mengenal navigasi dalam blender.
Mahasiswa diharapkan mampu memanipulasi tampilan objek 3D pada aplikasi Blender.
Alat
Blender minimal versi 2.72
Bahan
Dasar Teori Navigasi dalam Blender
Sebelum melakukan produksi menggunakan sebuah software, perlu diketahui beberapa perintah-perintah dasar to ‘get around inside the software’. perlu diketahui perintah-perintah dasar sekitar melihat-lihat objek 3d.
Beberapa perintah yang terkait navigasi
– Orbit
– Pan
– Zoom
– Zoom to object
– Camera Perspective
Secara umum, terdapat lebih dari satu cara untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang disebutkan di atas.
minimal ada pendekatan keyboard (keyboard shortcut) dan pendekatan mouse. Pendekatan mouse sendiri dibagi menjadi mouse dengan klik tengah dan mouse tanpa klik tengah.
Berikut adalah beberapa perintah di blender yang bisa digunakan.
1. Orbit (memutar view)
Klik tengah + mouse move
2. Pan (geser kanan kiri)
Klik tengah + shift + mouse move
3. Zoom
Mouse scroll
Perintah tersebut bisa dilakukan untuk mouse yang memiliki middle button. Untuk mouse tanpa middle button, perlu mengaktifkan emulate 3 button yang terdapat pada menu File -> User Preferences pada tab Input seperti gambar berikut
Setelah emulate 3 button diaktifkan, beberapa perintah berikut dapat digunakan
1. Orbit
Alt + Ctrl + Klik kiri + mouse move
2. Pan
Alt + Shift + Klik kiri + mouse move
3. Zoom
Alt + Ctrl + Klik kiri + mouse move
Petunjuk Praktikum
- Download file Mike pans’s BMW
- Buka aplikasi blender
- Pilih menu File -> Open pada bagian pojok kiri atas dari blender.
-
Pada tampilan File Explorer, pilih file “Mike Pan’s BMW” yang sudah didownload sebelumnya.
-
Pastikan tampilan blender-nya sebagai berikut
-
Pilih menu View pada bagian kiri bawah 3D view, kemudian pilih menu Camera
Hasil Praktikum yang diharapkan
- Mengganti viewport dari camera perspektif menjadi user perspektif
- Melakukan zoom in dan zoom out
- Melakukan pan left dan pan right
- Melakukan orbit